Tantangan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Dampak Teknologi Gawai Pada Anak

Tantangan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Dampak Teknologi Gawai Pada Anak

Penulis

  • Togi Marnaek Sigalingging

Kata Kunci:

Teknologi , Gawai, Guru, Orang Tua , Anak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyalahgunaan teknologi gawai pada anak di masa kini sehingga menimbulkan dampak negatif untuk anak sebagai peserta didik. Dari dampak tersebut jadi tantangan untuk pendidikan agama Kristen dalam menanamkan nilai- nilai pengajaran, yang berlandaskan pada Alkitab. Tujuan penelitian ini yakni mengenali tantangan dan upaya yang dialami oleh pendidikan agama Kristen di masa kini, dalam menanamkan nilai- nilai pengajaran Kristen pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tahapan pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif serta penyebaran kuesioner. Menganalisis informasi menggunakan metode Creswell, yang diolah secara sistematis mulai dari mempersiapkan data, membaca seluruh data, melaksanakan koding, mengurutkan tema, deskripsi data serta membentuk data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi gawai membawa dampak negatif pada anak. Dampak tersebut menimbulkan perilaku individualistis(introvert), pola hidup yang instant, dan sikap yang tidak sopan akibat dari permainan daring dan pemakaian media sosial. Perihal ini yang jadi tantangan bagi pendidikan agama kristen yang tujuannya yakni melaksanakan penanaman nilai- nilai pengajaran Kristen. Tantangan tersebut tidak bisa dilawan ataupun dihindari, salah satu caranya adalah guru, orangtua dan gereja (sekolah minggu) serta lingkungan anak saling bekerjasama dalam meminimalisir dampak dari teknologi ini. Upaya lain yang dilakukan PAK di sekolah adalah menyelaraskan pendidikan dengan perkembangan zaman melalui media pembelajaran berbasis teknologi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tantangan yang muncul akibat dari perkembangan teknologi gawai, tidak bisa dihindari oleh pendidikan agama Kristen.

Upaya yang dapat dilakukan dalam usaha menanamkan nilai pendidikan agama Kristen yakni dengan menggunakan teknologi gawai tersebut, sebagai media pembelajaran yang membantu menyampaikan tujuan dari PAK yaitu menanamkan nilai-nilai pengajaran Kristen agar dapat membentuk spiritualitas dan moralitas pada anak. 

Kata kunci: PAK; Teknologi; Gawai; Guru; Orangtua; Anak

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-26

Cara Mengutip

Sigalingging, T. (2023). Tantangan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Dampak Teknologi Gawai Pada Anak: Tantangan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Dampak Teknologi Gawai Pada Anak. Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara, 1(230001). Diambil dari https://ejournal.nbs.ac.id/index.php/ejournal/article/view/9